Search
  • tiaracornelia

Bagaimana Taiwan Memaknai Hari Ibu dan Perempuan

09 Mei 2021 lalu diperingati sebagai Hari Ibu di Taiwan. Ternyata, bagi Taiwan, peringatan akan Hari Ibu merupakan hal yang penting. Beberapa tokoh penting di Taiwan mengucapkan selamat Hari Ibu, tak terkecuali President Tsai Ingwen. President Tsai mengucapkan selamat Hari Ibu dalam akun pribadi Twitternya.




Taiwan adalah salah satu negara yang dipimpin oleh presiden perempuan, yaitu President Tsai Ing Wen sejak tahun 2016 berdasarkan hasil pemilu. Di Taiwan, emansipasi perempuan tidak lagi merupakan hal yang asing, dan sepak terjang gender perempuan di Taiwan bukanlah hal yang tabu. Penghormatan akan peran perempuan di banyak bidang sangat kentara di era President Tsai. Pada 6 Maret sebelumnya, bertepatan dengan International Womens Day, President Tsai berjanji untuk mempersempit ‘ketimpangan gender’ di Taiwan. President Tsai mengatakan, semakin banyak wanita di Taiwan yang memegang pekerjaan di area yang dulu dianggap sebagai domain laki-laki seperti angkatan bersenjata, polisi dan layanan perawatan kesehatan garis depan. Pesan penting mengenai peran perempuan ini disampaikan dalam video 2:45 menit dari laman YouTube resmi Kantor Kepresidenan Taiwan, yaitu di https://www.youtube.com/watch?v=yP4nRwEMTJk.


Seperti yang telah dikatakan President Tsai sebelumnya, bahwa perempuan Taiwan kini juga menjajaki pekerjaan angkatan bersenjata, Angkatan Laut Taiwan (ROC Navy) juga memperingati Hari Ibu di laman sosial media Instagram. Beberapa postingan mengenai kasih akan perwira perempuan angkatan laut Taiwan beserta anak mereka, atau bersama Ibu mereka di posting dengan frame khusus untuk Hari Ibu loh, Readers!




National Fire Agency, Ministry of the Interior, Taiwan juga mengucapkan selamat Hari Ibu di platform Twitter. Bapak Menteri Wen Long mengucapkan selamat Hari Ibu. Bagi para perempuan polisi, pemadam kebakaran, ataupun relawan, dan juga teman-temannya, selamat menikmati hari Ibu!







Terakhir, Bapak Gubernur Kota Taipei, Ko Wen Je, juga mengungkapkan selamat Hari Ibu dengan ungkapan kata-kata mutiara yang cukup menyentuh.

“母親是最堅強的護衛

Ibu adalah penjaga terkuat

家中最勇猛冷靜的救火隊

Tim pemadam kebakaran paling berani dan tenang di keluarga

不管多苦多累

Tidak peduli seberapa sulit lelahnya

媽媽會把眼淚藏起來

Ibu akan menyembunyikan air matanya

把笑容留給孩子

Menyerahkan senyumnya kepada anak

母親用一生守護了我們,

Ibu telah menjaga kita sepanjang hidupnya,

請你也用一樣的愛

Tolong gunakan cinta yang sama,

好好擁抱她 守護她。

Peluk dia dengan baik dan lindungi dia.

祝天下所有媽媽, #母親節快樂!永遠快樂!

Saya berharap semua ibu di dunia Selamat Hari Ibu! Bahagia selamanya!”


Readers, bangsa yang kuat, masyarakat yang kuat, tidak ditopang hanya dengan gender laki-laki saja, melainkan juga dengan berdayanya perempuan. Perempuan-perempuan Taiwan kini telah menjajaki karir yang dulu didominasi laki-laki, seperti perwira, tentara, ataupun politikus. Selain itu, bagi para researcher, topik riset mengenai peran perempuan di Taiwan dapat menjadi topik yang hangat untuk diteliti.





#HariIbu #Taiwan #EmansipasiPerempuan

30 views0 comments

Recent Posts

See All