Bulan Hantu di Taiwan



GHOST Month festival, atau festival bulan hantu, adalah periode dimana “gerbang neraka dibuka” selama sebulan di dalam kepercayaan Buddha dan Tao, yang banyak dianut di Taiwan. Festival ini jatuh pada hari ke-15 bulan ketujuh kalender lunisolar, yang tahun ini jatuh pada 22 Agustus. Dalam festival bulan hantu yang berlangsung selama satu bulan, dipercaya bahwa hantu-hantu keluar dari neraka untuk datang ke bumi dengan keaadaan lapar dan mencari makanan, dan bisa juga mencari jiwa-jiwa. Mengerikan sekali, bukan?

Percaya atau tidak percaya, sebuah report oleh Taiwan News(1) menunjukkan hasil survei 40% masyarakat Taiwan benar-benar merasakan “hal-hal gaib” selama periode 1 bulan Bulan Hantu. Bahkan, 31% masyarakat Taiwan tidak berani untuk lembur kerja malam-malam di kantor dalam periode Festival Hantu ini. Report dari survey tersebut juga mendata “hal-hal gaib” yang dirasakan orang Taiwan dalam periode Bulan hantu, yaitu;

· "Suara menakutkan yang berasal dari sudut kantor" (70,3%)

· "Merasakan kilatan bayangan di sudut kantor" (51%)

· "Mendengar langkah kaki mendekat, tetapi tidak melihat siapa pun" (37,4%)

· "Lampu kantor berkedip dan mati" (33,6%)

· “Jendela kantor tiba-tiba terbuka sendiri" (28,2%)


Selain itu, tentu ada hal-hal tabu pada periode Bulan Hantu. Hal-tal tabu ini merupakan anjuran agar kita terhindar dari kejadian yang tidak diinginkan selama Bulan Hantu (2).

1. Jangan naik bus atau kereta terakhir.

Disarankan untuk menghindari naik bus atau kereta terakhir pada malam hari untuk menghindari dibawa pergi oleh pengemudi hantu.

2. Jangan menepuk bahu seseorang. Orang hidup diyakini memiliki api pelindung tak terlihat yang memancar dari kedua bahu dan dengan demikian menepuk bahu seseorang akan memadamkan api itu.

3. Jangan mengambil foto di malam hari.

4. Jangan tiba-tiba melihat ke belakang.

5. Jangan menggantung lonceng angin. Dering lonceng angin terdengar mirip dengan dering jiwa, oleh karena itu diyakini mereka menarik hantu.

6. Jangan mengambil koin di jalan. Setelah membakar pakaian untuk saudara yang telah meninggal di jalan, orang sering melempar koin. Jika seseorang mengambil koin ini dan membawanya pulang, beberapa tamu tak diundang mungkin akan ikut.

7. Jangan berjalan di dekat tembok. Karena hantu suka menempel di dinding .

8. Jangan terlibat dalam olahraga air. Berenang di daerah pesisir dan sungai dianggap sangat berbahaya karena diyakini bahwa roh jahat yang telah tenggelam mungkin mencoba menenggelamkan perenang untuk mendapatkan kesempatan kelahiran kembali.


Pada poin yang terakhir, biasanya kolam renang umum dan pantai di Taiwan ditutup selama periode Bulan Hantu.


Menyeramkan bukan, readers? Pada periode bulan hantu ini, banyak meja sembahyang yang dipasang dirumah-rumah. Percaya atau tidak percaya, Bulan Hantu telah mengakar dalam diri orang Taiwan dan menjadikan aktivitasnya sebagai salah satu yang dapat diamati dari segi sosial. Dalam periode 22 Agustus- 6 September, masyarakat Taiwan memiliki aktivitas khusus untuk memperingati bulan hantu, seperti menyiapkan sesajen untuk arwah dan diletakkan di depan rumah.


(1) https://www.taiwannews.com.tw/en/news/4273702

(2) https://www.taiwannews.com.tw/en/news/4273773


2 views0 comments