Taiwan Culture Portal

Untuk memperkuat hubungan global Kementerian Kebudayaan Taiwan telah merancang dan membuat Portal Kebudayaan Taiwan, sebuah platform situs web multi-bahasa yang mencakup sastra, film, seni rupa, dan seni pertunjukan tradisional. Tujuannya adalah untuk mempromosikan budaya dan seni Taiwan, sehingga mereka yang berada di komunitas internasional akan memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang keadaan budaya Taiwan saat ini di berbagai bidang, dan untuk membuka peningkatan peluang kerja sama lintas negara.




Taiwan Culture Portal dapat diakses di: https://toolkit.culture.tw/en/content_52.html


Setiap toolkit budaya akan menjadi kumpulan dari potongan paling representatif yang dilengkapi dengan beberapa fungsi pencarian untuk browsing, pencarian teks lengkap, dan pencarian lanjutan. Pada toolkit Cinema dan Seni Pertunjukan Tradisional bahkan akan menawarkan DVD yang akan didistribusikan ke misi diplomatik utama Taiwan dan kantor Kementerian di luar negeri. Toolkit yang dimaksud adalah sebagai berikut:




1. Cinema

Taiwan Cinema Toolkit diluncurkan oleh Kementerian Kebudayaan dan diselenggarakan oleh Taiwan Film Institute. Tujuan dari Toolkit ini adalah untuk menawarkan akses mudah kepada dunia ke bioskop Taiwan terbaik. Untuk mewujudkannya, kami menyediakan film-film pilihan, pengenalan dan kritik yang relevan serta materi promosi lainnya di situs web kami, dan setiap tahun kami menyusun brosur film dengan rekomendasi program terbaru kami untuk pemirsa global.

Sejak 2013, Kementerian Kebudayaan telah mengumpulkan lebih dari 180 film dalam bentuk DVD, semuanya direkomendasikan oleh sutradara, kritikus, dan kurator film terkemuka di Taiwan, dan pada 2016, kami mulai menyediakan materi pemutaran dalam format berkualitas tinggi seperti DCP dan Blu-ray. Film-film yang dipilih tersedia untuk individu, kurator, dan organisasi di luar negeri untuk mengatur acara pemutaran nonprofit. Kami selanjutnya membantu dengan dukungan untuk biaya pemutaran, yang bertujuan untuk mengirim film kami ke acara pemutaran skala menengah atau di atas untuk meningkatkan visibilitas bioskop Taiwan di seluruh dunia.

2. Literature

The Literature Toolkit adalah pengenalan mengenai penulis Taiwan, karya mereka, dan sejarah sastra Taiwan; pada saat yang sama, proyek ini juga mengkaji pengalaman Taiwan, estetika sastra, dan karakteristik menonjol dari berbagai kategori sastranya. Dengan demikian, enam belas kategori tematik dan 160 karya utama dari Toolkit ini merupakan pintu gerbang yang ideal untuk mengapresiasi dan memahami literatur Taiwan.

3. Fine Arts Toolkit

The Fine Arts Toolkit menyajikan semangat seni rupa Taiwan. Isinya berfokus pada bagaimana setiap karya menerapkan gaya estetisnya dengan latar ruang yang berbeda, sebagai pengenalan karya seni untuk kelompok yang berbeda. The Fine Arts Toolkit juga memberikan ide tentang kurasi pameran bertema dan cara representasi untuk seni Taiwan.


Materi dipilih berdasarkan karya yang ditampilkan dari pameran permanen Museum Seni Rupa Nasional Taiwan dan pameran terkait seni Taiwan. Untuk mendefinisikan berbagai karya seni rupa Taiwan dalam arti luas, karya-karya yang dipilih diklasifikasikan berdasarkan media, yang meliputi: lukisan tinta dan kaligrafi, guas Timur, cat minyak dan akrilik, cat air, patung, fotografi, media campuran, keramik, seni instalasi, new media dan video. Tahun kelahiran seniman, dekade, pameran terkait dan fungsi pencarian karya kunci juga tersedia.


4. Toolkit Seni Pertunjukan Tradisional

Toolkit ini memperkenalkan kategori opera Taiwan dan kategori musik dari seni pertunjukan tradisional yang representatif, dan sedang aktif. Tujuan dari Toolkit ini adalah untuk mengumpulkan dan menyusun secara komprehensif teks dan data video tentang seni pertunjukan tradisional modern di Taiwan, memanfaatkan internet di mana-mana, dan memberikan informasi tentang keindahan dan karakteristik seni pertunjukan tradisional di Taiwan kepada mereka yang tertarik.

Materi utama akan terdiri dari apresiasi dan analisis tingkat pengantar dari jenis opera dan musik representatif yang signifikan yang masih aktif ditampilkan, serta pilihan 40 grup pertunjukan yang dipilih dengan cermat dan 120 karya perwakilan mereka, masing-masing disertai dengan 3- video 5 menit. Tautan untuk bacaan lebih lanjut dan situs web terkait juga telah dirancang untuk meningkatkan visibilitas internasional seni pertunjukan tradisional Taiwan serta meningkatkan kemungkinan pertukaran.





1 view0 comments

Recent Posts

See All