#Historyof Hakka: Desa Hakka Sankengzi, Taoyuan

Updated: Nov 17

Sankengzi Oldstreet, juga dikenal sebagai Sankeng Olsdstreet, terletak di Distrik Longtan, Kota Taoyuan, Taiwan. Cakupannya kira-kira inti dari pemukiman di Kuil Yongfu. Di masa lalu, warga akan berkumpul di sana di pagi hari atau sore hari untuk mencuci pakaian. Jalan tua itu sempit di luar dan lebar di dalam. Sankengzi adalah pemukiman Hakka tradisional, dan merupakan daerah paling awal yang dikembangkan di Distrik Longtan; itu sebabnya juga dikenal sebagai "Longtan First Street". Sankengzi adalah desa Hakka yang otentik. Di masa lalu, Sankengzi adalah salah satu dermaga paling makmur di sungai. Ini adalah jalan pertama di kawasan Longtan yang mengembangkan kegiatan komersial. Namun, karena pembangunan Waduk Shimen, ketinggian air Sungai Dahan berkurang, sehingga tidak memungkinkan perahu untuk berlayar. Setelah itu, transportasi darat menggantikan transportasi air, dan fungsi komersial Sankengzi berangsur-angsur menurun. Jalan Tua Sankengzi mempertahankan karakteristik tradisional Hakka, dan juga merupakan lokasi syuting untuk "David Loman (大尾鱸鰻)," sebuah film komedi Taiwan 2013, dan "Love Together (愛讓我們在一起)" sebuah TV Taiwan 2011 drama.




Asal usul Sankengzi dapat ditelusuri kembali ke perkembangan Longtan pada masa pemerintahan Kaisar Kangxi selama Dinasti Qing, dan baru pada tahun kesembilan pemerintahan Kaisar Qianlong (1744 M) orang Han pindah ke sini. Daerah tersebut merupakan teras fluvial, dengan tiga sungai bermuara di Sungai Dahan dan tiga lubang di tanah, yang merupakan asal mula nama tempat Sankeng. Saat Anda berjalan ke Jalan Tua Sankeng, Anda dapat melihat apa yang disebut "cuci hitam putih", yaitu tempat para wanita biasa mencuci pakaian mereka. Jalan Tua Sankeng yang sempit dan berkelok membuat mobil sulit untuk melewatinya. Jalan dan jalur seperti ini adalah salah satu ciri desa Hakka; jalanan sengaja dibuat melengkung, agar perampok tahu mereka tidak bisa kabur dengan mudah. Jalan tua yang pendek mempertahankan arsitektur gaya beranda lama, dan toko-toko khusus menjual makanan khas Hakka seperti roti ketan sayuran kukus, kue beras ketan mugwort kukus, bola nasi ketan jahe gula merah, dan selai jeruk.


Jika Anda berjalan ke ujung jalan lama, Anda akan mencapai inti pemukiman Sankeng Old Street - Kuil Yongfu, yang dibangun pada tahun ke-56 pemerintahan Kaisar Qianlong. Saat ini, kaisar utama, tuan, dan pendeta juga menjadi pusat kepercayaan bagi penduduk setempat. Selain itu, Koridor Tamasya Tepi Laut Daxi Yuemei ke Longtan Sankeng mengambil Daxi, Shimen, Dazhen, dan Jalan Tua Longtan Sankeng sebagai titik akhir. Anda dapat mengalami berbagai karakteristik pemandangan, lahan pertanian, dan budaya jalan lama.

#HistoryofHakka on TAIWAN STUDIES BINUS UNIVERSITY


Article was translated to Indonesian from original source.

The Hakka Affairs Council, TAIWAN

2 views0 comments

Recent Posts

See All